Cara Membuat Cold Brew Coffee yang Sederhana dan Mudah di Rumah

Tren kopi di Indonesia saat ini berada  pada level yang cukup tinggi, dibuktikan dengan menjamurnya kedai-kedai kopi untuk kalangan bawah, menengah hingga kalangan atas. Tak susah mencari warung-warung atau kedai yang menjual kopi di Indonesia, mulai dari yang dijual ditrotoar pinggir jalan, pedagang kopi keliling yang menjajakan kopi ditempat keramaian hingga cafe-cafe di pusat perbelanjaan. Mudahnya, kopi bukan barang baru di Indonesia.

Tren kopi ini tentu saja memunculkan ide-ide bisnis baru yang menguntungkan, mulai dari bisnis menjual biji kopi, peralatan seduh dan lain sebagainya memunculkan  beragam cara menyeduh kopi. Jika biasanya teman-teman dirumah hanya mengenal kopi tubruk sebagai pilihan menikmati kopi, teman-teman bisa coba membuat cold brew coffe ala hipster sendiri dirumah yang sangat sederhana.

Tapi, sebelumnya apa sih cold brew coffe itu?

Sederhananya cold brew coffe adalah cara atau metode menyeduh kopi dengan menggunakan air dingin. Lantas, bagaimana cara bikinnya?

Cara Membuat Cold Brew Coffee Sederhana di Rumah


Cara Membuat Cold Brew Coffee Sederhana di Rumah

Nah pada poin di bawah ini akan dibahas tutorial pembuatan Cold Brew Coffee secara manual dan mudah diterapkan di rumah, setidaknya ada 5 langkah sebagai berikut:

1. Siapkan biji kopi yang baik


Yang pertama, yang perlu dipersiapkan adalah biji kopi itu sendiri. Sebenarnya teman-teman bisa memakai kopi bubuk yang biasa dijual dipasaran, tapi menurut penulis ini akan mengurangi kenikmatan dari cold brew itu sendiri. Teman-teman bisa gunakan biji kopi arabika maupun robusta yang sudah disangrai dengan tingkat kematangan medium.

2. Persiapkan alat untuk menggiling kopi


Persiapkan alat untuk menggiling kopi. Kalian bisa menggunakan penggiling manual maupun yang sudah bermesin. Tapi yang perlu diperhatikan teman-teman saat menggiling kopi, pastikan kopi digiling tidak terlalu halus maupun terlalu kasar, jadi tingkatnya sedang ya teman-teman. Untuk takaran kopi, teman-teman bisa gunakan rasio 1:8, 1 takaran kopi untuk 8 takaran air adalah rumus baku yang bisa teman-teman pakai supaya mendapatkan rasa kopi yang nikmat. Sebagai contoh, masukkan 2 liter air kedalam 250 gram kopi.

3. Siapkan tumbler atau wadah penyimpan air


Cara yang ketiga, teman-teman bisa siapkan tumbler atau wadah menyimpan air, kemudian siapkan juga air yang bersuhu ruangan atau suhu normal. Ini adalah hal mudah bagi anda, saya yakin itu.

4. Masukkan kopi ke wadah dan beri air


Inilah proses sederhana, teman-teman bisa masukkan kopi yang sudah digiling kedalam tumbler, kemudian masukkan air perlahan-lahan hingga memenuhi seluruh tumbler, untuk teman-teman yang kurang menyukai rasa pahit dari kopi, teman-teman bisa tambahkan gula atau sedikit es batu kedalam tumbler tadi, kemudian teman-teman diamkan sebentar hingga kopi dan air saling bertemu.

5. Didiamkan di dalam kulkas


Cara terakhir masukkan tumbler kedalam kulkas, diamkan hingga kurang lebih 12 jam atau semalaman. Saat didiamkan ini, bubuk kopi akan diestrak secara perlahan-lahan hingga menyatu dengan air. Jika sudah 12 jam berada dikulkas, teman-teman bisa keluarkan tumbler dan menyaring kopi dengan menggunakan saringan kopi atau kain kasa. Jika sudah selesai, cold brew cofffe siap dihidangkan dengan menambahkan es batu atau tambahan lainnya sesuai selera, selamat menikmati.!!

Bagaimana sangat mudah bukan untuk membuat secangkir Cold Brew Coffee yang sangat nikmat? Cara sederhana ini bisa dilakukan di mana saja termasuk di kantor yang sudah tersedia pendingin. (By: Yusuf pencinta kopi dari Lampung)
Lihat Komentar